WINS Server





Mengenal dan Memanfaatkan WINS Server Pada komunikasi jaringan yang menggunakan sistem operasi Microsoft Windows baik Windows 2000 ataupun Microsoft Windows 2003 Server, WINS sangat diperlukan. Fasilitas ini sudah tersedia dan bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas layanan dalam suatu jaringan. Walaupun tanpa menambah WINS jaringan sudah bisa digunakan, namun tentu saja jaringan yang dibangun tidak akan berjalan maksimal. Sebenarnya komunikasi jaringan setiap komputer yang akan menghubungi komputer lain harus mengetahui alamat dari komputer yang dituju. Nama komputer berupa NetBIOS Name harus diterjemahkan menjadi IP Address. Pertama kali yang dicari adalah nama NetBIOS yang terdapat pada cache atau memori. 

Bila nama yang dicari tidak ditemukan maka komputer akan melakukan broadcast di jaringan untuk mencari pemilik nama tersebut. Akibat yang ditimbulkan oleh broadcast tersebut adalah lalu lintas jaringan menjad9i padat. Selain itu broadcast juga tidak selalu bisa melewati router untuk mencapai jaringan yang lain walaupun ada router yang bisa melewatkan broadcast. Sehingga diperlukan suatu solusi untuk mempercepat pencarian dan penerjemahan nama tersebut. Salah satu solusi yang umum digunakan adalah dengan memanfaatkan WINS (Windows Internet Name Service) Server. 

WINS Server ini menyimpan NetBIOS Name dari komputer beserta IP Address di dalam suatu database. Komputer lain yang mencari dan mendaftarkan nama pada database disebut sebagai WINS Client. Untuk menjaga database WINS tetap tersedia jika suatu server mengalami masalah maka diperlukan server lain yang berfungsi sebagai backup. Agar Server WINS bisa berfungsi sebagai backup maka server tersebut dikonfigurasikan sebagai replication partner yang saling mereplikasi database WINS. 1. Instalasi WINS WINS Server dapat di install melalui Networking Services di Add/Remove Programs Control Panel. Setelah Anda berada di lingkungan kontrol Panel, kemudian pilih dan klik dua kali Add/Remove Program, setelah itu Anda ikuti semua petunjuk yang ditampilkan program.

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian CIDR dan VLSM

Pengertian Network Address

Tutorial Ganti Wallpaper Client dengan Windows Server